Catatan penting
mengenai Pendidikan Islam yang Ideal
Ø Islamic
Quantum Learning (Lompatan pembelajaran) dikembangkan oleh tim Bobbi
DePotter dimana Mereka mengakui,
nilai-nilai Islam adalah nilai terbaik dalam penerapan penokohan dan character
building yang diajarkan di sekolah.
Ø Nilai
Islam ibarat air sumur. Air sumur adalah nilai islam dan mereka menyedotnya
dengan mesin canggih. Sedang di Indonesia, sekolah mengambil air dengan timba
yang bocor. Jadi kelemahannya ada pada metodologi.
Ø Sekolah
unggul adalah sekolah yang memiliki guru profesional. Dan penyelenggara sekolah
yang professional adalah yang selalu memikirkan kesejahteraannya
Ø Multiple
intellegences merupakan solusi terbaik dalam mengatasi masalah anak.
Ø Kecerdasan
seseorang tidak mungkin dibatasi oleh indikator-indikator yang ada dalam
achivement test (tes formal). Sebab hasil research : kecerdasan seseorang itu
selalu berkembang (dinamis), tidak statis.
Ø Sangat
naif jika kecerdasan seseorang hanya dilihat dari interval IQ. Padahal realnya,
kecerdasan seseorang lebih banyak ditentukan oleh faktor-faktor yang melibatkan
kecerdasan diri, disiplin dan empaty yang kesemuanya dikenal dengan emotional
quotient.
Kecerdasan, proses Discovering Ability
• Metode
discovering ability artinya proses menemukan kemampuan seseorang. MI menyarankan
kepada kita untuk mempromosikan kemampuan atau kelebihan seorang anak dan
mengubur ketidakmampuan atau kelemahan anak.
• Kecerdasan
lebih dititikberatkan pada proses untuk kondisi akhir terbaik.
Sekolah Unggul
• The
best process bukan the best input
• Memahami
karakter anak didik dengan baik dan guru dapat memilih metode pengajaran yang
sangat beragam bagi siswa-siswa yang memiliki berbagai karakter dan potensi.
• Perhatian
dan kasih sayang yang tulus sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan perubahan
karakter anak.
• Mengenali
kunci keberhasilan anak untuk masuk ke dunia mereka.
Sekolah Unggul adalah sekolah yang mempunyai karakteristik
• fokus
pada kualitas proses pembelajaran
• Para
gurunya mampu menjamin semua siswa akan dibimbing ke arah perubahan yang lebih
baik (Agent of Change)
• Sekolah
yang memanusiakan manusia, (menghargai setiap potensi yang ada pada diri
siswa).
Multiple Intelligences Research (MIR)
• Quantum
(lompatan), Bobbi dePotter presiden Learning forum CA memvisualisasikan dengan
ruangan yang gelap dan ada senter nyala kecepatan cahaya ke tembok seharusnya
sama dengan kecepatan otak siswa
menangkap informasi dari guru yaitu 1287 km/jam. Tapi selama ini gagal, karena
ketidaksesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa.
• Gaya
mengajar adalah strategi transfer informasi yang diberikan oleh guru kepada
siswanya.
• Gaya
belajar adalah bagaimana sebuah informasi dapat diterima dengan baik oleh
siswa.
• Hasil
Research Dr.Howard Gardner Gaya belajar siswa tercermin dari kecenderungan
kecerdasan yang dimiliki oleh siswa.
Quantum learning
adalah Gaya mengajar guru = gaya belajar siswa
• MI
menjadi strategi pembelajaran, bagaimana guru mengemas gaya mengajarnya agar
mudah ditangkap dan dimengerti oleh siswanya.
• Menghindari
Tracking (pengelompokan siswa atas dasar kecerdasannya) sebagai bagian dari
disteachia (penyakit melemahkan siswa).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar