Jumat, 19 September 2014

Catatan Penting bagi Para Pemerhati Pendidikan

Catatan penting mengenai Pendidikan Islam yang Ideal
Ø  Islamic Quantum Learning (Lompatan pembelajaran) dikembangkan oleh tim Bobbi DePotter  dimana Mereka mengakui, nilai-nilai Islam adalah nilai terbaik dalam penerapan penokohan dan character building yang diajarkan di sekolah.
Ø  Nilai Islam ibarat air sumur. Air sumur adalah nilai islam dan mereka menyedotnya dengan mesin canggih. Sedang di Indonesia, sekolah mengambil air dengan timba yang bocor. Jadi kelemahannya ada pada metodologi.
Ø  Sekolah unggul adalah sekolah yang memiliki guru profesional. Dan penyelenggara sekolah yang professional adalah yang selalu memikirkan kesejahteraannya
Ø  Multiple intellegences merupakan solusi terbaik dalam mengatasi masalah anak.
Ø  Kecerdasan seseorang tidak mungkin dibatasi oleh indikator-indikator yang ada dalam achivement test (tes formal). Sebab hasil research : kecerdasan seseorang itu selalu berkembang (dinamis), tidak statis.
Ø  Sangat naif jika kecerdasan seseorang hanya dilihat dari interval IQ. Padahal realnya, kecerdasan seseorang lebih banyak ditentukan oleh faktor-faktor yang melibatkan kecerdasan diri, disiplin dan empaty yang kesemuanya dikenal dengan emotional quotient.
Kecerdasan, proses Discovering Ability
       Metode discovering ability artinya proses menemukan kemampuan seseorang. MI menyarankan kepada kita untuk mempromosikan kemampuan atau kelebihan seorang anak dan mengubur ketidakmampuan atau kelemahan anak.
       Kecerdasan lebih dititikberatkan pada proses untuk kondisi akhir terbaik.
Sekolah Unggul
       The best process bukan the best input
       Memahami karakter anak didik dengan baik dan guru dapat memilih metode pengajaran yang sangat beragam bagi siswa-siswa yang memiliki berbagai karakter dan potensi.
       Perhatian dan kasih sayang yang tulus sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan perubahan karakter anak.
       Mengenali kunci keberhasilan anak untuk masuk ke dunia mereka.
Sekolah Unggul adalah sekolah yang mempunyai karakteristik
       fokus pada kualitas proses pembelajaran
       Para gurunya mampu menjamin semua siswa akan dibimbing ke arah perubahan yang lebih baik (Agent of Change)
       Sekolah yang memanusiakan manusia, (menghargai setiap potensi yang ada pada diri siswa).
Multiple Intelligences Research (MIR)
       Quantum (lompatan), Bobbi dePotter presiden Learning forum CA memvisualisasikan dengan ruangan yang gelap dan ada senter nyala kecepatan cahaya ke tembok seharusnya sama  dengan kecepatan otak siswa menangkap informasi dari guru yaitu 1287 km/jam. Tapi selama ini gagal, karena ketidaksesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa.
       Gaya mengajar adalah strategi transfer informasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya.
       Gaya belajar adalah bagaimana sebuah informasi dapat diterima dengan baik oleh siswa.
       Hasil Research Dr.Howard Gardner Gaya belajar siswa tercermin dari kecenderungan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa.

Quantum learning  adalah Gaya mengajar guru = gaya belajar siswa
       MI menjadi strategi pembelajaran, bagaimana guru mengemas gaya mengajarnya agar mudah ditangkap dan dimengerti oleh siswanya.
       Menghindari Tracking (pengelompokan siswa atas dasar kecerdasannya) sebagai bagian dari disteachia (penyakit melemahkan siswa).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar